• Jumat, 3 Februari 2023

Lupakan AC, Peneliti Korea Kembangkan Lapisan Jendela Kaca Penolak Panas

- Rabu, 9 November 2022 | 06:00 WIB
Jika lapisan jendela penolak panas brhasil dikembangkan dan diproduksi massal, AC yang kita kenal selama ini akan segera jadi barang antik. (Sprinter_Lucio)
Jika lapisan jendela penolak panas brhasil dikembangkan dan diproduksi massal, AC yang kita kenal selama ini akan segera jadi barang antik. (Sprinter_Lucio)

Gunem.id - Suhu rata-rata dunia yang terus meningkat, membuat cuaca juga semakin panas, akibatnya permintaan pendingin ruangan (AC) juga semakin meningkat.

Namun, biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan serta perawatan pendingin ruangan tidaklah murah.

Menurut sebuah studi, diperkirakan pendinginan ruangan menyumbang sekitar 15 persen dari konsumsi energi global.

Baca Juga: Polisi Bakal Memeriksa Pejabat BPOM Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

Berdasarkan hal itu, para ilmuwan dari Universitas Kyung Hee di Seoul menawarkan sebuah solusi untuk masalah ini, dalam bentuk lapisan jendela transparan penolak panas.

“Lapisan ini dapat menurunkan suhu di dalam ruangan, tanpa listrik satu watt pun,” kata para peneliti dikutip Gunem.id dari Dailymail.

Pada jendela kaca biasa, sinar ultraviolet matahari dan sinar infra merah dapat menembusnya dan menyebabkan ruangan terasa panas.

Baca Juga: 69 Produk Obat Sirup Berbahaya dari 3 Farmasi Dicabut Izin Edarnya oleh BPOM, Ini Daftarnya

Untuk mencegah hal itu, tim peneliti mulai mengembangkan lapisan jendela yang dapat memblokir sinar ultraviolet dan inframerah matahari agar tidak masuk ke dalam ruangan.

Penelitian yang dipimpin oleh Eungkyu Lee ini juga tengah mengembangkan lapisan yang dapat memantulkan panas dari permukaan jendela hingga melewati atmosfer.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X