• Jumat, 3 Februari 2023

2 Pesawat Tempur Era Perang Dunia II Tabrakan pada Pertunjukan Udara di Dallas Amerika Serikat

- Minggu, 13 November 2022 | 17:26 WIB
Dua pesawat yang bertabrakan, dari tangkapan layar video. (The Clear Cider)
Dua pesawat yang bertabrakan, dari tangkapan layar video. (The Clear Cider)

Gunem.id - Dua pesawat tempur era Perang Dunia II bertabrakan di udara pada Sabtu, 12 November 2022, saat pertunjukan Wings Over Dallas di Bandara Eksekutif Dallas, Amerika Serikat.

Menurut otoritas penerbangan Amerika, Federal Aviation Administration (FAA), dikutip Gunem.id dari Dallas Morning News, kecelakaan itu melibatkan pesawat pembom B-17 Flying Fortress dan pesawat pemburu Bell P-63 Kingcobra.

Dari video yang beredar di media sosial tampak pesawat P-63 menabrak ekor B-17 hingga hancur, bagian depan dan sayap B-17 yang putus jatuh dan meledak saat menyentuh tanah.

Baca Juga: Ramalan Tarot Berdasarkan Zodiak Aries, Taurus, dan Gemini Berlaku Pekan Ini, 13 hingga 19 November 2022

Lusinan kendaraan Pemadam Kebakaran Dallas dan aparat kepolisian merespons kecelakaan, pada pertunjukan udara yang dihadiri oleh sekitar 4.000 hingga 6.000 penonton menghadiri itu.

Serikat pekerja pilot American Airlines mengatakan, dua mantan anggotanya yakni Terry Barker dan Len Root, termasuk di antara awak B-17 yang naas itu.

Meski tidak mengkonfirmasi jumlah pasti korban jiwa, CEO Commemorative Air Force sekaligus penyelenggara pertunjukan itu, Hank Coates, mengatakan pesawat B-17 biasanya diawaki oleh empat sampai lima orang.

Baca Juga: Selain Bandara InternasionaI Gusti Ngurah Rai di Bali, Pemerintah Siagakan 11 Bandara Pendukungan Untuk G20

Sedangkan pesawat pemburu P-63 Kingcobra adalah pesawat tempur dengan pilot tunggal, dan dipastikan tidak ada penumpang sipil yang berada dalam pesawat.

Hank Coates juga mengatakan, pilot yang terlibat dalam acara itu adalah para pensiunan pilot militer dan maskapai penerbangan sipil.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Dallas Morning News

Artikel Terkait

Terkini

X