• Kamis, 1 Juni 2023

Dua Minggu Pasca Gempa, Tim Penyelamat Turki Hentikan Pencarian Korban Kecuali di 2 Provinsi

- Senin, 20 Februari 2023 | 20:27 WIB
Proses Evakuasi Korban Gempa Turki
Proses Evakuasi Korban Gempa Turki

Gunem.id - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Turki, Yunus Sezer, mengatakan timnya telah menghentikan upaya pencarian korban gempa di semua wilayah dua minggu pasca bencana, kecuali di dua provinsi yang terkena dampak paling parah.

“Di banyak provinsi kami, upaya pencarian dan penyelamatan telah selesai. Kecuali di dua wilayah, yakni provinsi Kahramanmaraş dan Hatay,” kata Yunus Sezer dikutip Gunem.id dari The Guardian.

Upaya tim penyelamat tetap dilanjutkan di kota Antakya dan Kahmaranmaraş, yang sebagian besar gedungnya hancur dan tidak dapat dihuni.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra Berlaku Selasa 21 Februari 2023: Peluang dari Berbagai Bidang akan Terbuka di Depanmu

Gempa Turki yang berkekuatan 7,8, menewaskan setidaknya 45.000 orang dengan lebih dari 41.000 orang meninggal di Turki selatan dan setidaknya 4.000 lainnya di Suriah.

Pusat gempa berada di distrik Pazarcik di Kahramanmaraş, di mana ribuan bangunan runtuh dan sebagian besar kota berada dalam reruntuhan.

Yunus Sezer menuturkan, upaya pencarian dan penyelamatan berlanjut di sekitar 40 bangunan di dua provinsi tersebut.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Virgo Berlaku Selasa 21 Februari 2023:  Di Tengah Padatnya Jadwal, Jangan Abaikan Kesehatan

Di Antakya, tim penyelamat terus menggali puing-puing selama akhir pekan, menyelamatkan pasangan suami istri yang bertahan selama 13 hari, namun tiga anak mereka tewas.

Harapan untuk menemukan orang yang selamat mendekati nol, karenanya tim penyelamat beralih pada pembersihan bangunan yang hancur, yang memaksa jutaan orang meninggalkan rumah mereka.

Banyak pengungsi yang mencari perlindungan di kota-kota tetangga, dan upaya bantuan dari internasional yang awalnya lambat kini telah meningkat.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo Berlaku Selasa 21 Februari 2023:  Kamu Mengalami Lonjakan Kreativitas Hari Ini

Sementara Wakil presiden Turki, Fuat Oktay, mengatakan pada hari Sabtu bahwa sekitar 105.000 bangunan telah runtuh, perlu dihancurkan atau rusak parah akibat gempa tersebut.

Sedangkan Menteri PU Inggris, Andrew Mitchell, tiba di Gaziantep Minggu untuk meninjau proyek bantuan yang didanai oleh Inggris, yang mencapai lebih dari 34 juta Pounds.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: theguardian.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X