Tuna Indonesia: Kunci Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri dan Kuasai Pasar Global

Tuna Indonesia: Kunci Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri dan Kuasai Pasar Global

Gunem.id – Indonesia punya peluang emas untuk menguasai pasar tuna dunia dan memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Budi Sulistyo, mengungkapkan bahwa tuna, cakalang, dan tongkol (TCT) merupakan produk unggulan ekspor Indonesia, menyumbang 39,4% dari total ekspor makanan.

Collab Media Network banner content

Indonesia bahkan menjadi pemasok utama tongkol, cakalang, dan tuna di Amerika Serikat, menunjukkan daya saing tinggi di pasar global. Budi Sulistyo menekankan perlunya menjaga kualitas dan peluang bisnis agar tuna Indonesia mampu bersaing di pasar Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Tuna Indonesia: Kunci Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri dan Kuasai Pasar Global
Foto Istimewa : www.rmoljatim.id

Tak hanya di pasar global, tuna juga menjadi kunci untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Kementerian Kelautan dan Perikanan mengusulkan agar ikan menjadi menu utama dalam program makan siang bergizi gratis di bawah kepemimpinan Presiden terpilih. Program ini akan menjangkau 82 juta orang dan memenuhi kebutuhan 3.249 anggota Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia yang membutuhkan pasokan ikan secara berkelanjutan.

Tantangannya? Menjaga mutu dan keamanan produk tuna. Strategi yang harus diambil adalah memastikan kualitas dan keamanan produk tuna yang dihasilkan. Dengan langkah tepat, tuna Indonesia bisa menjadi primadona di pasar global dan solusi untuk pemenuhan kebutuhan protein dalam negeri.

Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Laporkan! Terima Kasih

Tags:

Ikuti kami :

Tinggalkan komentar