Gunem.id – Lima UMKM binaan PT HM Sampoerna Tbk baru saja pulang dari Jepang setelah mengikuti Wellness Food Japan 2023 di Tokyo Big Sight. Selama tiga hari, mereka berkesempatan memamerkan produknya dan menjajaki peluang bisnis dengan pembeli potensial. Tak hanya itu, mereka juga membawa pulang banyak ilmu dan pengalaman berharga.
Related Post
"Saya sendiri belajar bagaimana cara menyampaikan produk. Kami juga keliling untuk melihat bagaimana pelaku usaha di Jepang kalau pameran, dan ini jadi masukan berharga," ujar Ni Putu Ellida Raiani, pemilik UMKM Padma Herbal, dalam rilisnya.
Djono Darmaputera, pemilik usaha Sahang Mas, yang membawa produk unggulannya berupa kopi dengan merek "Benua", mengaku terkesan dengan etos kerja warga Jepang. "Pengalaman ini menjadi hal baik yang akan dibawanya dan diterapkannya saat kembali ke Tanah Air," katanya.
I Ketut Sumayana, Pemilik Usaha Bali Pure, juga mengungkapkan hal serupa. "Bagi saya, pembelajaran untuk kami kembangkan di Bali sangat banyak. Misalnya, dalam menata booth, kalau kami biasanya sederhana saja. Di Jepang, mereka sangat optimal. Mereka mendekor dan menata dengan apik sehingga nyaman dan menarik pengunjung," kata Ketut.
Ia juga belajar bagaimana melayani dengan baik pengunjung yang datang ke stan, serta soal pengemasan produk dengan standar Jepang. "Banyak yang bisa kami bawa pulang dari Jepang. Semoga setelah di-follow up nanti, dengan kerja sama dan dukungan SETC kami bisa mendapatkan buyer," harap Ketut.
Kelima UMKM ini berharap, pengalaman Wellness Food Japan 2023 ini bukan yang pertama dan terakhir. Mereka berharap kesempatan ini kembali datang, karena bisa menunjukkan eksistensi UMKM Indonesia di level global.
Tinggalkan komentar
Anda harus masuk untuk berkomentar.